Minggu, 17 Januari 2010

Yamaha R6















Sportsbike

Sportsbike adalah motor idaman bagi setiap penggemar motor, baik yang berusia muda sampai yang sudah mapan. Hal ini sangat lumrah karena jenis motor inilah yang paling sering kita lihat di televisi terutama dalam siaran langsung balapan motor seperti Moto GP maupun GP Superbike.

Sportsbike sendiri merupakan adaptasi dari motor balap sirkuit yang kemudian di “jinakkan” agar bisa di pakai di jalan raya. Bahkan motor yang ikut dalam kejuaraan WSBK – World Superbike Championship merupakan versi balap dari motor jalan raya. Sehingga apa yang kita lihat di balap Superbike dapat juga kita miliki dan kita gunakan sehari hari. Kisaran harga motor jenis ini bervariatif, mulai dari 33 juta rupiah (ninja 150RR) sampai dengan 1.7 milliar (Ducati Desmosedici GP6).

Sportsbike sendiri terbagi dalam beberapa jenis yaitu :

Light Sportsbike (125cc), Supersports (400cc-600cc) dan Superbikes (750cc – 1000cc)

Yang perlu di perhatikan tentang motor jenis ini adalah, motor ini hanya mengandalkan performa sebagai nilai jual dan tampilan futuristis tentunya. Sportsbike merupakan motor berperforma tinggi. Sebagai contoh adalah Cagiva Mito, walaupun ber kapasitas hanya 125 cc, Cagiva Mito dapat mengeluarkan tenaga sebesar 40hp dan mencapai kecepatan 220 km/j. Bandingkan dengan Honda Tiger Revo dengan kapasitas mesin 200cc yang hanya mampu mengeluarkan tenaga sebesar 16hp.

Sisi Positif (+)

1.Bagi pencinta kecepatan dan maniak balap motor ini merupakan sebuah mahakarya, karena motor jenis ini merupakan motor ber performa tinggi yang dapat memacu adrenalin pengendara.

2.Sangat stabil di kecepatan tinggi, terutama bagi pengendara yang berpengalaman.

Sisi Negatif (-)

1.Jangan berharap mendapat kenyamanan. Karena Motor jenis ini merupakan jenis motor balap yang “di jinakan” dan sebagai mana pembalap, maka pengguna motor ini harus selalu merunduk sehingga cepat pegal.

2.Bagi pengendara pemula sebaiknya tidak memulai dengan jenis motor ini. Karena tenaga mesin yang besar dan bobot yang ringan sehingga sulit dikontrol.


rudiawan.wordpress.com/2008/08/19/yamaha-r6/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar